Spiga

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho

Prosedur Pendaftaran

  1. Masa pendaftaran: Bulan Mei - Juni setiap tahun.
  2. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas yang berhak mengambil formulir yang tersedia di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar.
  3. Formulir harus diserahkan ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, atau Makassar lengkap dengan fotokopi rapor kelas 3 semester terakhir, ijazah, dan nilai ijazah (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kanwil Depdiknas belum keluar)
  4. Formulir harus dikembalikan dalam 3 hari kerja.

(Khusus untuk mereka yang berada di luar JABODETABEK, Surabaya, Medan, dan Makassar)
  1. Dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada alamat sbb:
  2. Lampirkan fotokopi: rapor kelas 3 semester terakhir, ijazah, dan nilai ijazah (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kanwil Depdiknas belum keluar).
  3. Yang harus dicantumkan dalam surat lamaran: nama lengkap, tanggal lahir, alamat lengkap dan nomor telepon/HP(agar dapat dihubungi jika diperlukan), program yang akan diikuti (S-1, D-3, atau D-2), dan 3 (tiga) bidang studi yang ingin dipelajari.
  4. Dengan mengirimkan semua dokumen tersebut, kami anggap sah sebagai pengganti formulir (tidak perlu mengisi formulir pendaftaran).
PROSEDUR SELEKSI
  1. Bagi yang lolos praseleksi (seleksi dokumen) akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (Juli). Praseleksi dilakukan berdasarkan nilai ijazah dan rapor.
  2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) (Sekitar Agustus). Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari.