Spiga

Belajar Bahasa Jepang

Untuk anda yang minat kerja di Jepang, baik yang lewat pemagangan atau lainnya, belajar bahasa jepang sudah menjadi hal wajib.

Untuk peminat pemagangan, bahwa mulai tahun 2007 sudah ditambahkan materi ujian bahasa Jepang, meskipun hanya dasar saja. Memang ujian ini tidak menggunakan sistem gugur, tetapi sejauh yang saya tahu, teman-teman yang mengaku tidak mempersiapkan diri dalam ujian bahasa Jepang, tidak ada yang lulus.

Selain itu, pada akhir pelatihan bahasa juga ada ujian bahasa (Evaluasi hasil pelatihan) dan jika hasilnya jelek juga bisa gugur. Jadi belajar bahasa Jepang sebelum mengikuti seleksi cukup penting, supaya kita lebih cepat menyerap materi sewaktu pelatihan nantinya.

Terbatasnya waktu dan juga dana, kadang menjadi alasan kita untuk tidak mau mengambil kursus bahasa Jepang secara resmi. Dan salah satu solusinya adalah belajar Online, baik dengan metode interaktif (seperti kelas online atau chatting) juga dengan membaca materi-materi bahasa Jepang yang ada di internet.

Bahan pelajaran bahasa Jepang sangat banyak di Internet, sebagian cukup lengkap dan banyak diantaranya hanya sekedar pengenalan saja. Menurut "penelusuran" penulis di internet, berikut adalah beberapa link situs yang memuat materi bahasa Jepang yang cukup lengkap (list akan ditambah nantinya kl ada yang baru):

  1. Japanese Online
    Materi cukup lengkap, pemula sampai tingkat lanjut. Ada file audio dari tiap materi nya.
  2. TadotsuGakuen
    Selain materi biasa, juga ada kelas Online seminggu sekali lewat YahooMessenger. Dalam bahasa Indonesia.
  3. Nafai.Org
    Materi lengkap juga, hanya tidak ada bentuk audionya. Juga terdapat materi kata bentuk kamus
  4. THE QUICK AND DIRTY GUIDE TO JAPANESE - by Tad Perry
    Materi yang padat singkat dan simpel, hanya disini dimuat bahasa Jepang versi bukan resmi (bukan bentuk baku).
  5. NHK Radio Indonesia
    Website ini milik NHK (semacam departemen penyiaran di Jepang) yang mempunyai NHK TV dan Radio. Di situs ini kita bisa belajar bahasa Jepang melalui program mingguan "Yasashi Nihongo". Ada materi pembelajaran yang baru tiap minggu, bisa didengarkan dengan streaming (format file .rm). Memang materinya cukup sedikit, tapi penjelasan dari Ibu Lilis Ariwaty (pembawa acaranya) cukup gamblang dan mudah di mengerti).
  6. Kumpulan Dongeng Jepang
    Website berbahasa sepanyol (kalau saya ga salah ^O^), terdapat beberapa dongeng / folk tales, dalam bahasa jepang, menggunakan kana. Cukup bagus untuk melatih kosakata dan pemahaman grammer bahasa jepang kita.
Update: 24 Desember 2007