Spiga

Program Jenesys untuk Peneliti Muda

from:languagecenter Program Jenesys untuk Peneliti Muda

Japan Foundation, Jakarta, hendak menawarkan kesempatan bagi para peneliti muda Indonesia dalam bidang ilmu sosial dan humaniora untuk pergi ke Jepang. Program ini adalah bagian dari program Japan-East Asia Network of Exchange of Students and Youths (Jaringan Jepang-Asia Timur untuk Pertukaran Pemuda dan Mahasiswa/ JENESYS). Melalui program ini peneliti yang terpilih berhak untuk pergi ke Jepang dan tinggal di Jepang, antara satu hingga tiga bulan untuk melakukan penelitian. Biaya yang ditanggung melalui program ini adalah;

- Biaya penerbangan (tiket kelas ekonomi, pajak bandara, dan fiskal)
- Biaya asuransi
- Biaya tempat tingal (Y 250.000)
- Biaya keberangkatan (Y50.000)
- Biaya penelitian (Y 310.000/bulan)

Syarat peserta adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa program Master atau Doktor yang terdaftar di universitas yang ada di Indonesia.
- Berusia di bawah 35 tahun per 1 Januari 2008
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Jepang yang baik
- Prioritas akan diberikan bagi pelamar yang sudah mendapatkan organisasi penerima (host) atau penasihat akademis di Jepang (bukan syarat wajib)
- Mereka yang hendak mempelajari bahasa Jepang, mempelajari teknologi industri, ataupun mendapatkan pelatihan kesenian dan budaya tradisional tidak diperbolehkan melamar program ini.

Untuk mereka yang hendak melamar mohon untuk mengisi formulir aplikasi (terlampir) dan mengirimkannya kepada panitia seleksi. Untuk penyeleksian kami akan bekerjasama dengan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI).
Calon pelamar dapat mengirimkan melalui pos atau melalui email. Untuk pengiriman melalui pos, silahkan anda alamatkan ke:

Sekretariat Asosiasi Studi Jepang Indonesia
Gedung Pusat Studi Jepang
Kampus Universitas Indonesia
Depok 16424

Mohon cantumkan tulisan JENESYS di pojok kanan atas amplop surat anda.
Anda juga bisa mengirimkan aplikasi tersebut via email. Tapi mohon diingat bahwa kami hanya menerima aplikasi yang dikirimkan dengan format file *.pdf, lengkap dengan tanda tangan anda di bagian bawah aplikasi tersebut. Anda dapat mengirimkan aplikasi anda ke: halo_asji@yahoo. com. Mohon isi subjek email anda dengan tulisan JENESYS.

Aplikasi sudah harus diterima oleh panitia seleksi (artinya bukan berdasarkan cap pos) paling lambat tanggal 22 April 2008. Hanya kandidat yang sesuai saja yang akan kami hubungi untuk keperluan wawancara pada tanggal 25 April 2008. Perlu kami beritahukan sebelumnya bahwa ASJI dan kantor Jakarta hanya akan memilih kandidat untuk direkomendasikan ke kantor Tokyo. Keputusan final tentang siapa yang terpilih mengikuti program ini akan dilakukan oleh kantor Tokyo.

Semoga sukses.

salam
Dipo Siahaan